Benteng

Peta situs Benteng sebagai obyek wisata di bumi Nusantara

Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam)
Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam)

Bertandang ke Makassar belumlah lengkap jika belum mengunjungi Pantai Losari. Namun tak jauh dari Pantai Losari ada sebuah bangunan bersejarah yang layak untuk dijadikan tujuan wisata, bangunan itu adalah Benteng Ujung Pandang atau Fort Rotterdam. Menilik namanya, tentu Anda akan langsung tahu bahwa benteng … detail… »

Benteng Muang Kao di Nakhonsithammarat
Benteng Muang Kao di Nakhonsithammarat

Nakhonsithammarat memiliki semboyan “Muengprawatthisat Prathadthongkam Chaenchamthammachad Reethatudom Keangthomsamkasat Makwatmaksin Krobsinkungpu”. Semboyan ini memiliki arti bahwa propinsi Nakhonsithammarat adalah kota yang memiliki sejarah kuno di daerah Selatan, mempunyai Vihara Pramahathad yang terbuat … detail… »

Benteng Belgica
Benteng Belgica

Ekspansi perdagangan bangsa Eropa di Nusantara sekitar abad ke-16 dan 17 memberi pengaruh yang berarti kepada berbagai bangsa di Asia Tenggara. Salah satunya Indonesia. Berawal dari kedatangan bangsa Portugal di awal abad ke-16, kemudian disusul Belanda dan Inggris pada periode selanjutnya, menjadikan hampir seluruh … detail… »

Benteng Bukit Kursi
Benteng Bukit Kursi

Benteng Bukit Kursi yang terdapat di Pulau Penyengat, merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Melayu dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan diri dari serangan musuh. Nama benteng tersebut diambil dari nama tempat di mana benteng itu dibangun, yaitu Bukit Kursi. Bukit Kursi merupakan lokasi yang cukup … detail… »

Benteng Pendem
Benteng Pendem

Berkunjung ke Cilacap, Jawa Tengah, terasa kurang berkesan sebelum menengok keberadaan situs sejarah Benteng Pendem. Benteng ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Belanda yang dibangun secara bertahap antara tahun 1861—1879 M. Benteng yang mempunyai luas kurang lebih 6,5 hektar ini, berada di ujung … detail… »

Benteng Amsterdam Ambon
Benteng Amsterdam Ambon

Benteng Amsterdam dibangun oleh Belanda pada awal abad ke-17, ketika perdagangan rempah-rempah mulai dilaksanakan di Ambon. Benteng ini terletak tidak jauh dari Gereja Tua Hila. Benteng Amsterdam adalah bangunan kedua yang dibangun Belanda di Ambon, setelah Kasteel Van Verre. Benteng ini dibangun setelah … detail… »

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg

Berwisata ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Malioboro. Namun, Anda jangan hanya puas jalan-jalan di Malioboro saja. Jika waktu Anda masih tersisa, sempatkanlah untuk menyusuri jalan Malioboro ke arah selatan, yakni ke kawasan nol kilometer. Kawasan yang terletak di perempatan Kantor Pos Besar … detail… »

Benteng Marlborough
Benteng Marlborough

Benteng Marlborough (Fort Marlborough) merupakan salah satu obyek wisata sejarah dan budaya andalan yang dimiliki oleh Propinsi Bengkulu. Benteng peninggalan Inggris awal abad ke-18 ini dibangun oleh East Indian Company (sebuah usaha dagang Inggris terbesar di Nusantara waktu itu) selama kurang lebih enam tahun … detail… »

Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak dibangun selama 17 tahun, dimulai pada tahun 1780 M dan diresmikan pemakaiannya pada hari Senin tanggal 21 Februari 1797 M. Benteng Kuto Besak pada awalnya adalah bangunan keraton yang pada Abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Gagasan mendirikan Benteng Kuto Besak berasal dari … detail… »

Benteng Keraton Buton
Benteng Keraton Buton

  Benteng Keraton Buton merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Kota Bau-bau Sulawesi Tenggara. Benteng peninggalan Kesultanan Buton tersebut dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Buton III bernama La Sangaji yang bergelar Sultan Kaimuddin (1591-1596). Pada awalnya, benteng tersebut hanya dibangun … detail… »

Benteng Victoria
Benteng Victoria

Benteng Victoria merupakan tempat bersejarah yang terletak tepat di pusat kota Ambon. Benteng tertua di Ambon ini dibangun oleh Portugis pada tahun 1775, yang selanjutnya diambil alih oleh Belanda. Belanda kemudian menjadikan benteng  ini sebagai pusat pemerintahan untuk mengeruk harta kekayaan masyarakat … detail… »

Benteng Otanaha
Benteng Otanaha

Benteng Otanaha dibangun sekitar tahun 1522 M oleh Raja Ilato atas prakarsa para  nahkoda kapal Portugis yang berlabuh di pelabuhan Gorontalo untuk memperkuat  pertahanan dan keamanan negeri dari serangan musuh. Benteng ini dibuat dari bahan-bahan berupa pasir, batu kapur dan telur burung maleo sebagai semen … detail… »

Benteng Fort de Kock (Sterreschans)
Benteng Fort de Kock (Sterreschans)

Benteng Fort de Kock (Sterreschans) didirikan oleh Kapten Bouer pada tahun 1825. Benteng  ini berfungsi sebagai benteng pertahanan pemerintah Hindia Belanda untuk  menghalau perlawanan pasukan Paderi yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol (1821-1827). Ketika itu, Baron Hendrick Markus de Kock menjadi  … detail… »

Benteng Tujuh Lapis
Benteng Tujuh Lapis

A.  Selayang Pandang Benteng Tujuh Lapis juga dikenal dengan “Benteng Aur Duri”. Dahulu benteng ini digunakan sebagai tempat pertahanan terakhir para pejuang Dalu-Dalu dibawah pimpinan Tuanku Tambusai “Harimau Padri Dari Rokan” ketika menghadapi serbuan Belanda. B.   Keistimewaan Benteng ini adalah peninggalan … detail… »

Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu dibangun oleh Sultan Gowa ke-IX yang  bernama Daeng Matanre Karaeng Tumapa‘risi‘ Kallonna pada tahun 1525. Pada  pertengahan abad ke-16, benteng ini menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan  rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang asing dari Asia dan Eropa. Pada tanggal 24 Juni … detail… »

Benteng Indra Patra
Benteng Indra Patra

A. Selayang Pandang Benteng Indra Patra dibangun oleh Kerajaan Lamuri, kerajaan Hindu pertama di Aceh (Indra Patra) pada masa sebelum kedatangan Islam di Aceh, yaitu pada abad ke tujuh masehi. Benteng ini dibangun dalam posisi yang cukup strategis karena berhadapan langsung dengan Selat Malaka, sehingga berfungsi sebagai benteng … detail… »

Benteng Bukit Cening
Benteng Bukit Cening
Benteng Peninggalan Keraton Mataram
Benteng Peninggalan Keraton Mataram

 

Benteng Portugis di Melaka
Benteng Portugis di Melaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s